DAPATKAN DUIT DARI FACEBOOK DAN TWITTER

DAFTAR ISI BLOG

Selasa, 02 Oktober 2012

BELAJAR EFEK GITAR

BELAJAR EFEK GITAR


Efek gitar adalah komponen penting dalam rantai produksi suara gitaris akhir-akhir ini. Efek gitar muncul dalam tiga konfigurasi umum. Compact pedal (stomp boxes), multi-efek lantai unit (seperti Boss GT series), dan rack-mount efek.

Compact Pedal (kotak Stomp)

Ketika Anda memikirkan efek gitar, jenis unit ini adalah hal pertama yang datang ke pikiran anda. Umumnya, kompak efek pedal melakukan satu fungsi. Jadi, jika Anda perlu penundaan, distorsi digital, flanging dan kompresi dari stomp boxes, Anda akan perlu empat kotak terpisah (dan tiga interkoneksi terpisah) untuk mencapai hal ini.

Lantai Multi-Efek Unit

Ada banyak jenis lantai multi-efek misalnya, POD, DigiTech GNX dan Boss seri GT. Seperti namanya, unit ini mengandung banyak efek. Daripada harus membawa-bawa seluruh karung penuh efek individu dan puluhan kabel patch, fungsi yang sama terkandung dalam satu unit. Semua patch yang dilakukan secara elektronik internal untuk unit. Dan di samping itu, beberapa bank preset atau patch yang tersedia sehingga satu dikonfigurasi seluruh efek rantai langsung tersedia hanya dengan memilih preset.

Selain itu, sebagian lantai multi-efek unit datang dengan sebuah bank footswitches untuk memilih preset dan parameter lain, dan pedal ekspresi integral untuk digunakan dengan efek, volume dan tikungan. Juga, kebanyakan datang dengan interface MIDI sehingga mereka dapat secara dinamis dikontrol oleh sebuah sequencer eksternal atau MIDI controller lainnya.

Rack-Mounted Efek Unit

Rack-mount efek dirancang dengan perangkat keras yang memungkinkan mereka untuk dipasang di 19-inci standar industri rak peralatan. Rack-mount unit umumnya-atas-unit baris premium. Mereka biasanya dibeli untuk digunakan di studio rekaman atau untuk pembuatan panggung untuk band canggih. Secara umum, unit ini tidak digunakan oleh gitaris di akhir pekan untuk hobi sehari-hari mereka.

Distorsi

Unit-unit ini digunakan untuk overdrive atau klip sinyal untuk menghasilkan harmonik atau nada. Efek ini digunakan untuk membuat suara yang renyah, suara yang keras identik dengan rock dan musik metal. Distorsi adalah efek yang paling banyak digunakan dari semua.

Phasers

Phasers atau fase-shifter digunakan untuk membuat karakteristik suara sweeping atau mendesing dari Leslie speaker lama berputar. Ini dapat digunakan untuk membuat suara halus.

Flanger

Sebuah flanger menciptakan efek berputar atau bersepeda agak mirip dengan sebuah phaser. Efek flanger akan lebih parah dan edgier daripada phaser tersebut.

Paduan suara

Sebuah unit paduan suara juga mirip dengan flanger-menghasilkan mengingatkan suara berputar. Namun, efeknya lebih luas dan lapang daripada flanger. Efek ini tampaknya bagus dengan gitar listrik akustik.

Ringkasan

Efek adalah alat penting dalam produksi musik akhir-akhir ini. Efek sangat berperan dalam mencapai suara spesifik dan unik baik di studio dan di panggung. Efek gitar datang dalam tiga konfigurasi: pedal kompak, mult-efek lantai unit, dan rack-mount efek.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar